Minggu, 06 November 2016

LINGKUNGAN SEKOLAH YANG BERSIH, SEHAT, DAN HIJAU

Kondisi lingkungan yang ada di sekitar kita perlu diperhatikan, demi terciptanya lingkungan yang asri dengan udara yang sejuk. Menghirup udara yang sejuk nan segar merupakan suatu bentuk kenikmatan untuk  menikmati keindahan alam. Dengan kondisi lingkungan alamnya yang asri nan hijau akan menciptakan rasa nyaman bagi kehidupan yang ada di dalamnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa hidup ini bergantung pada alam, jika kondisi alamnya baik, maka kehidupan yang ada di dalamnya pun akan baik. Dalam ruang lingkup yang paling sederhana misalnya lingkungan rumah sebagai tempat tinggal, serta lingkungan sekolah yang juga merupakan tempat tinggal yang kedua, perlu diperhatikan kondisi lingkungan alam sekitarnya.
  
        Sekolah merupakan tempat menuntut ilmu, jika kondisi lingkungan alam sekitarnya asri, maka akan terasa nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas, karena dalam hal ini kenyamanan suatu lingkungan yang asri nan hijau akan dapat dirasakan oleh banyak pihak, terutama warga sekolah itu sendiri. Lingkungan sekolah yang asri nan hijau dengan tata lingkungan yang baik merupakan wujud dari sekolah idaman. Tidak hanya itu, diperlukan juga sarana dan prasarana yang mendukung untuk melakukan aktivitas di sekolah. Sekolah idaman dengan kondisi lingkungan alamnya yang baik yang ditumbuhi oleh pepohonan dan ditanami oleh tumbuhan berbunga serta kebersihan lingkungan yang selalu terjaga, mencerminkan bahwa kehidupan di dalamnya memiliki nilai moral yang tinggi.
            Berbagai keindahan yang telah disajikan oleh alam, menyadarkan kita akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap asri, begitu pun dengan lingkungan sekolah yang perlu ditata dengan baik lingkungan alamnya. Kondisi alam yang rusak selalu memberikan dampak negatif terhadap semua makhluk hidup di muka bumi ini. Hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan adalah menjaga lingkungan yang ada di sekitar kita. Wujud nyata yang bisa kita lihat adalah kondisi lingkungan tempat manusia beraktivitas. Misalnya lingkungan sekolah, sekolah harus dapat mengkondisikan lingkungan alamnya dengan baik, demi terciptanya lingkungan sekolah yang asri nan hijau.
            Dalam mewujudkan suatu lingkungan yang asri nan hijau, perlu adanya kerja sama antara manusia dengan alam, karena alam merupakan bagian dari kehidupan. Menjaga dan merawat keindahan alam merupakan hal yang paling sulit. Dalam menciptakan suatu lingkungan yang asri nan hijau itu bukan hal yang mudah, jika tidak adanya hubungan kerja sama antara manusia dan lingkungannya. Besar kecilnya pengusahaan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang asri nan hijau, hasil yang akan diperoleh pasti memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan yang ada di dalamnya, karena yang paling penting adalah cara menjaga dan merawat keindahan alam yang sudah tertata dengan baik. Sulit jika tidak ada usaha untuk mencobanya. Selain itu, perlu adanya kesadaran yang harus dimiliki oleh setiap individu yang ada dalam lingkungan tersebut untuk menjaga keasrian alamnya.
Sekolah memerlukan ruang dan lingkungan yang mendukung untuk proses belajar. Lingkungan sekolah dengan sarana dan prasarana yang lengkap, berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, begitu juga dengan kondisi lingkungan alamnya yang asri nan hijau. Kondisi lingkungan alam yang asri nan hijau membuat rasa nyaman, kenyamanan yang dirasakan juga berpengaruh besar terhadap prestasi belajar siswa, karena dalam keadaan yang nyaman, konsentrasi belajar pun menjadi lebih baik. Pada kenyataannya, agar lingkungan sekolah tersebut tetap nyaman, perlu dilakukan upaya-upaya untuk menjaga keasrian alamnya, misalnya dari hal yang paling mudah yaitu membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan seolah-olah sudah menjadi tradisi. Hal itu merupakan krisis nilai, terutama nilai moral. Memang hanya pada orang-orang tertentu saja yang melakukan hal tersebut, padahal kita tahu bahwa kebersihan sebagian dari iman.
Jadikan alam ini bagian dari kehidupan, tetapi bukan untuk dieksploitasi secara berlebihan, melainkan untuk saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya. Manfaatkan alam sebaik mungkin dan sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu secara berlebihan. Pemanfaatannya juga perlu diimbangi dengan rasa tanggung jawab.
Sekarang ini, keadaan alam semakin terpuruk karena sudah semakin rusak akibat dari pemanfaatan sumber daya alam secara intensif. Rusaknya alam ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kualitas sumber daya alam agar tetap baik dan bermanfaat bagi kehidupan di muka bumi. Bukan tidak mungkin jika kehidupan di muka bumi ini perlahan-lahan akan musnah, karena kondisi alamnya yang sudah rusak.
Banyak manfaat yang diberikan oleh alam yang masih terjaga kualitasnya bagi kehidupan ini. Manfaat dari kondisi lingkungan yang asri nan hijau tersebut, tidak hanya keindahan dan kenyamanannya saja yang dapat dirasakan, begitu juga dengan pepohonan yang rindang memberikan nuansa alam yang sejuk yang juga berguna sebagai penghasil oksigen yang besar serta dapat menyerap racun yang ada di lingkungan sekitar kita. Akan tetapi, masih banyak orang yang memanfaatkannya dengan mengeksploitasi secara berlebihan dan tidak bertanggung jawab. Maka kehancuran tidak mungkin lagi bisa dihindari. Beruntung dengan kondisi lingkungan sekitar yang masih terjaga keasriaannya.
Upaya dalam menciptakan kondisi lingkungan yang asri nan hijau, merupakan suatu dukungan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Biar pun hanya hal kecil yang dapat dilakukan, tetapi besar untuk sebuah perubahan. Alam ini membutuhkan tangan-tangan yang bertanggung jawab yang dapat memanfaatkannya dengan baik.
Dalam mewujudkan suatu bentuk perubahan besar terhadap alam memang bukan hal yang mudah. Lingkungan dengan kondisi alam yang kurang baik atau dengan kata lain kualitas lingkungan yang buruk itu perlu adanya suatu perubahan. Dimulai dari diri individu masing-masing yang harus sadar akan manfaat alam yang begitu besar untuk kehidupan di muka bumi ini. Wujud nyatanya adalah menciptakan lingkungan sekitar menjadi lingkungan yang asri nan hijau, contohnya adalah lingkungan sekolah sebagai tempat belajar untuk menimba ilmu. Ilmu yang dipelajari juga termasuk ilmu alam mengenai lingkungan sekolah itu sendiri. Aktivitas-aktivitas tambahan juga dapat dilakukan oleh sekolah sebagai dukungan untuk mewujudkan sekolah yang asri nan hijau.
Pentingnya menjaga lingkungan yang kondisi alamnya sudah tertata dengan baik, merupakan suatu kesadaran yang harus dimiliki oleh setiap individu. Lingkungan sekolah yang asri nan hijau dapat terus dipertahankan keasriannya dengan adanya upaya pemeliharaan dan perawatan. Salah satu upaya pendukung suatu lingkungan sekolah yang asri nan hijau adalah dengan adanya program baru yang dicanangkan oleh pihak sekolah yang merupakan suatu tujuan untuk menciptakan lingkungan yang baik, misalnya dengan adanya program “Seribu Bunga”. Program yang telah dicanangkan oleh pihak sekolah, membuka pikiran warganya untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut. Hal itu juga merupakan suatu bentuk penghijauan yang dilakukan dalam lingkungan alam yang ada di sekolah. Tanaman-tanaman bunga yang ditanam dalam lingkungan sekolah memberikan kesan indah serta asri.
Lingkungan sekolah yang dipercantik dengan berbagai tanaman bunga yang ditanam di taman-taman sekolah serta di dalam pot-pot yang ditata rapi di depan teras-teras setiap kelas, serta di sudut-sudut lingkungan sekolah menambah suasana yang asri, serta pepohonan yang rindang menambah kesejukan lingkungan itu, perlu dipelihara dengan baik. Pemeliharaan dan perawatannya dapat dilakukan dengan cara menyiram tanaman-tanaman secara rutin serta memberikan pupuk secukupnya agar tanaman-tanaman itu dapat tumbuh dengan subur. Sekolah dapat mengkondisikan lingkungan alamnya dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan dibuatnya taman-taman di lingkungan sekolah yang memanfaatkan lahan-lahan yang ada di lingkungan sekolah tersebut.
Penghijauan di sekolah dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari polusi yang tercemar. Penghijauan yang dilakukan oleh sekolah tentunya sangat bermanfaat bagi lingkungan dalam maupun lingkungan luar sekolah.
 Dalam aspek kehidupan, suatu usaha yang dilakukan dengan maksimal, hasilnya pun akan maksimal. Tidak hanya menanam pohon yang berguna bagi alam untuk menjaga keindahan alam itu, tetapi juga perlu ditanam kesadaran dalam diri tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam. Pemanfaatan lingkungan alam sekitar kita, perlu diimbangi dengan rasa tanggung jawab.
Keasrian lingkungan sekolah yang hijau  akan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan kehidupan yang ada di dalamnya. Dilihat dari nilai estetikanya, sekolah yang keadaan alamnya baik, akan terlihat begitu asri. Apalagi dengan tata lingkungannya yang baik pula, akan memberikan kesan nyaman serta hijaunya alam yang ada di lingkungan tersebut akan menambah kesejukan. Kesan baik yang diberikan oleh sekolah juga berpengaruh terhadap kualitasnya, baik dalam hal sumber daya manusianya maupun kualitas sekolah itu secara keseluruhan.
Melakukan perubahan terhadap alam, tidak perlu berlomba-lomba untuk menghijaukan lingkungan alam yang lebih luas, lakukanlah perubahan untuk lingkungan sekitar kita terlebih dahulu.  Lingkungan yang kondisi alamnya baik merupakan cerminan nilai moral yang baik. Ingatlah bahwa alam ini merupakan bagian dari kehidupan. Maka jagalah keseimbangan antara kehidupan dan alam. Sekolah yang kondisi lingkungannya baik, asri nan hijau harus tetap dipertahankan.
Tidak ada hal yang tidak mungkin jika kita berusaha untuk dapat melakukan suatu perubahan terhadap alam, demi terciptanya kondisi lingkungan alam yang baik. Sebagai generasi penerus bangsa yang tertanamkan nilai-nilai kehidupan, harus dapat berperilaku seperti orang yang berpendidikan yang menanamkan sikap kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari. Hidup bersama dengan alam, melakukan perubahan yang kecil menuju perubahan yang besar.


Cara – cara yang perlu dilakukan untuk memelihara lingkungan sekolah 
1. Meyusun dan memasyarakatkan Program Sekolah Hijau
2. Mendaftar dan melaksanakan program Sekolah Hijau, yaitu:
  • Membangun Apotek Hidup di Sekolah
  • Mengurangi penggunaan listrik, air dan energi lainnya di Sekolah
  • Membangun Bank Sampah
  • Membangun sistem pengelolaan air bersih
  • Melakukan diskusi tentang Lingkungan Sekolah
  • Melaksanakan Sistem 3R(Reuse, Reduce, dan Recycle)
3. Melaksanakan tata tertib kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah
4. Mengembangkan kecintaan dan kepedulian siswa terhadap lingkungan yang bersih dengan berbagai kegiatan
5. Mengadakan gerakan cinta kebersihan Lingkungan Sekolah
6. Memanfaatkan hari-hari besar nasional untuk gerakan peduli Lingkungan.
Referensi dan Sumber : www.artikellingkunganhidup.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar